Cara Baterai Laptop Agar Tahan lama dan Tak Mudah Habis


Sahabat komputer rifai, baterai merupakan komponenyang penting sekali. . Maka dari itu perhatikanlah kesehatan dari baterai laptop agar baterai tetap awet dan tahan lama. Tanpa baterai, laptop kita tidak akan aktif ataupun bekerja
 Sahabat komputer rifai tahu tidak kalau Panjang pendeknya umur setiap baterai sebenarnya dapat bergantung banyak hal, diantaranya siklus suhu baterai, pengechasan, cara dan frekuensi pemakaian.Semakin lama pengechasan dan pemakaian baterai akan berakibat semakin cepat pula baterai haus.Hal ini dikarenakan suhu baterai dapat lebih tinggi pada saat pengechasan atau pemakaian yang panjang.
Sahabat komputer rifai sudah tahukan alasan kenapa kita harus merawat baterai supaya awet dan tidak habis ? yuk kita lihat saja langsung cara yang paling efektif untuk menjaga baterai agar awet dan tak cepat habis ...
 
Ini dia tips dan cara-caranya ... !! perhatikan sobat :
  • Biarkan baterai terisi penuh selama beberapa jam pengisian
  • Jika baterai tidak digunakan maka sebaiknya dilepas dan disimpan pada suhu normal dan kering. namun sebelum melepas baterai, baterai harus terisi penuh terlebih dahulu
  • maka lebih baik redupkan layar anda agar baterai awet saat pemakaian
  • Penggunaan Hibernate akan lebih baik daripada Standby pada saat laptop tidak digunakan
  • Hindarkan baterai dari suhu ekstrim dan sengatan cahaya matahari langsung
  • Bersihkan kontak metal baterai Anda setiap beberapa bulan dengan kain yang dibasahi alkohol agar transfer daya baterai anda menjadi efisien
  • Tutup program yang tidak dibutuhkan agar tidak memberatkan kinerja laptop Anda
  • Hati-hati dalam melepas bateri, untuk menghindari jatuh dan lain sebagainya yang menyebabkan eror pada baterai laptop
  • Gunakan UPS (Uninterrruptible Power Supply) pada saat menggunakan laptop tanpa baterai untuk mencegah crash pada laptop dan listrik
  • Lakukan pengisian baterai jika kapasitas baterai mendekati 10% dan jangan sampai baterai mengalami critical point sehingga menyebabkan laptop mati.
  • Jangan tiba-tiba melepas baterai pada saat kaber charge menancap pada laptop AndaSemakin terang layar laptop anda maka semakin banyak tenaga yang dibutuhkan,
  • Matikan wi-fi yang aktif dan cabut perangkat hardware yang tidak digunakan seperti flashdisk
  • Lebih baik menggunakan charger bawaan dari laptop agar daya dan tegangan stabil
  • Segera cabut charger bila baterai telah 100% terisi
Nah itu tips yang paling mudah dilakukan dan tidak bikin kita ribet .Nah kalau baterai anda sudah rusak cepat-cepat lah ganti dengan baterai laptop yang orisinil dan sesuai dengan tipe laptop anda . kalau anda sampai salah beli nanti akan berpengaruh ke hardware laptop anda.
Adapun cara-carannya merawat baterai laptop lebih luas adalah sebagai berikut :
·         Jika Anda tidak presentasi tapi bekerja secara teratur dengan laptop di kantor, rilis laptop bateray dan menggunakan listrik secara langsung. Jika baterai terpasang, muatan juga diinstal dalam banyak akan menyebabkan kebocoran baterai cepat. Meskipun laptop modern sering memiliki sirkuit yang memastikan baterai tidak digunakan ketika biaya dimasukkan, tetapi suhu hangat juga mempersingkat masa pakai baterai. Ingat, baterai laptop hanya digunakan ketika listrik tidak dapat digunakan secara langsung.
·         Be sure to configure your laptop battery properly . Arrange your laptop Sleep period to enable you to turn off the screen and hard disk after a certain period of time the computer is not used. Specify this period as short as possible to maximize battery life.
·         Mengurangi layar konfigurasi terlalu terang. Di satu sisi layar cukup cerah karena tulisan jelas, tapi layar lebih cerah di sisi lain daya semakin banyak digunakan.

·         Sejalan dengan tip sebelumnya, Anda harus menonaktifkan screen saver. Terutama ditujukan untuk mencegah layar agar tidak membakar, screen saver mengkonsumsi daya jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan kartu video dan layar digunakan juga. Ini sama dengan menonton video pada laptop.

·         Periksa juga program startup Anda dan program aktif dan program yang tidak perlu dekat. Program startup yang terlalu banyak akan menyebabkan laptop pemuatan panjang. Waktu loading akan membutuhkan banyak memori virtual sehingga penggunaan terlalu banyak akses hard disk.
·         Matikan Bluetooth dan WiFi ketika tidak diperlukan. Ketika Anda menonton film, atau mengetik dokumen dan Anda tidak perlu online, menonaktifkan perangkat nirkabel. Ini akan membantu menghemat daya, karena konsep Bluetooth dan WiFi adalah untuk mengirim dan menerima sinyal bahkan jika Anda tidak menyadarinya, dan ini daya beli. Lebih parah lagi, jika Anda mengaktifkan tempat keuda fitur yang sama sekali tidak ada sinyal.
·         Selain menonaktifkan perangkat Bluetooth dan nirkabel, serta melepaskan perangkat eksternal jika tidak diperlukan. Sebuah USB atau mouse nirkabel, USB stick memori, hard drive eksternal atau kartu PCMCIA yang tidak digunakan pada laptop harus dihapus. Anda harus mengerti, semua perangkat ini menggunakan daya dari laptop Anda.Ketika laptop baru dibeli, baterai masih kosong. Laptop tidak dapat langsung digunakan bahkan ketika muatan listrik terpasang. Laptop harus dimatikan pertama, di-charge selama antara 4-8 jam sampai lampu indikator menunjukkan biaya penuh (biasanya lampu indikator muatan berubah menjadi hijau).

Nah jika anda merasa ribet dengan tips di atas saya sarankan untuk gunakan tips yang pertama saya bahas tadi .
Oke semua sahabat komputer rifai yang punya laptop sudah tahu kan ... apa yang sahabat komputer rifai harus lakukan agar baterai laptop bisa tahan lama dan tak mudah habis .
Saya harap tips ini bermanfaat untuk sahabat komputer rifai semua dalam merawat laptop sahabat komputer rifai semua !!

0 komentar:

Posting Komentar