Keutamaan Sholat


Banyak ayat dan hadits yang menerangkan tentang keutamaan shalat. Di antaranya:

1. Shalat dapat menghapus dosa. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Antara shalat lima waktu, dari shalat Jum’at ke shalat Ju
m’at berikutnya akan menjadi penghapus dosa selama tidak melakukan dosa besar.” (HR. Muslim, 233 dan At-Tirmidzi, 214).

2. Shalat adalah cahaya bagi seorang Muslim dalam hidupnya yang membantunya untuk terus melakukan kebaikan dan menjauhkannya dari keburukan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (Al-Ankabut:45).

Dan juga sebuah hadits Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, “Shalat itu adalah cahaya.” (HR. Muslim, 223).

3. Shalat adalah amal pertama yang akan dihisab pada Hari Kiamat. Apabila baik dan diterima, maka amal lainnya akan diterima. Dan apabila ditolak, maka semua amal lainnya juga ditolak.

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, “Amal pertama seorang hamba yang dihisab pada Hari Kiamat adalah shalat. Apabila baik, maka seluruh amal lainnya menjadi baik. Dan apabila rusak shalatnya, maka rusak pula seluruh amal lainnya.” (Al-Mu’jam Al-Ausath, Thabarani, 1859).

* Shalat merupakan saat yang paling berkesan bagi seorang mukmin ketika ia berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dia akan merasakan ketentraman, ketenangan, dan kelembutan bersama Allah.

* Shalat juga merupakan kesempatan paling berkesan bagi Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. Beliau bersabda, “Dan hatiku begitu tertambat dalam shalat.” (An-Nasa’i, 3940).

* Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata kepada Bilal Radhiyallah Anhu, seorang muadzin pada masa itu, “Tenangkanlah kami dengan shalat wahai Bilal.” (HR. Abu Daud, 4985).

* Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam akan langsung mengerjakanshalat ketika ia punya masalah dan gelisah (HR. Abu Daud, 1319).
 
semoga yang saya sajikan diatas bermanfaat bagi semua yang membacanya 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar