Tips Install Windows 7 dari Hardisk External

Anda sudah pernah Install windows 7 ? apakah dari media DVD ? Ya memang umumnya Instal OS biasanya dari keping DVD, tapi cara menginstall menggunakan media dvd terkadang menimbulkan masalah ketika keping dvd atau player yang kita gunakan mengalami kerusakan, biasanya yang paling sering adalah tidak terbacanya data di dvd.
Cara lain untuk menginstall windows 7 adalah menggunakan media hardisk external atau hardisk internal yang kita pasang alat ide/sata to usb. Kelebihan dari trik ini adalah lebih amannya  data installer windows dari kerusakan serta sisi kelancaran proses install, apalagi jika kita menginstall banyak pc mungkin cara ini lebih menguntungkan untuk kita pakai.
Baik kita langsung dengan tehnis cara membuat Installernya :
  1. Siapkan Hardisk external atau jika tidak ada gunakan hardisk internal yang sudah dipasang alat ide/sata to usb (murah belinya sekitar 35-50 rb)
  2. Copy semua isi DVD installer windows  kedalam Hardisk yang sudah kita siapkan ( copy ke root  , jangan dimasukan ke folder)
  3. Dar Hasil copy Installer ada 1 file bernama bootmgr, rubah nama file file tersebut menjadi ntldr
  4. Langkah selanjutnya adalah menjadikan partisi hardisk yang kita siapkan sebagai installer menjadi active dengan cara  masuk ke control panel->administrative tools-> computer management->disk management, pilih Hardisk yang kita jadikan installer kemudian  klik kanan pilih “mark partition as active”
  5. Sampai pada langkah ini kita sudah selesai membuat installer windows 7 kedalam Hardisk external.
  6. Untuk cara menggunakan Installernya pada komputer yang akan diinstall harus dirubah seting biosnya agar first boot nya dirubah ke hardisk external.
  7. Kemudian lakukan Install seperti biasa sampai pada tahap restart.
  8. Kalau instalasi windows sudah sampai tahap restart, segera ganti setting bios untuk first boot device ke Hardisk PC anda, jangan ke Hardisk eksternal  lagi, tetapi biarkan  Hardisk  eksternalnya tetap terpasang jangan dicabut dulu
  9. Instalasi pun akan berlanjut, silahkan tunggu saja selesai.

0 komentar:

Posting Komentar