Kumpulan Contoh Proposal Usaha Yang Baik Dan Benar Serta Ampuh
sumber 1 | sumber 2 | sumber 3 | sumber 4
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Sekarang setiap tahun peningkatan kendaraan semakin naik tetapi jalan tetap sehingga banyak membuat kemacetan sepanjang jalan. Kota kota besar di indonesia semakin ruwet dengan kondisi kendaraan roda dua dan roda empat. Tidak seperti di luar negeri ada pembatasan kendaraan sehingga jumlah kendaraan bisa di tekan. Banyak orang bilang Indonesia mengalami masalah ekonomi tetapi setiap orang sekarang bisa membeli kendaraan roda dua. Bisa di lihat di setiap rumah di desa maupun di kota, pasti memiliki minimal kendaraan roda dua. Dengan kenaikan harga minya dunia pun tidak berpengaruh orang untuk membeli kendaraan bermotor. Sistem kredit itu membuat orang jadi mungkin mendapatkannya. Dahulu kemana mana menggunakan angkutan kota atau angkutan desa, sekarang setiap orang memiliki motor. Jadi kendaraan bermotor sekarang bukan kebutuhan pokok bukan kebutuhan sekunder lagi.
Dengan adanya kondisi diatas itu membuat peluang bisnis yang berkaitan dengan kendaraan bermotor terbuka lebar dan menjanjikan.
Untuk memanfaatkan peluang ini, kita mencoba untuk mendirikan sebuah usaha cuci Mobil dan motor dengan nama ” Mengkilat “
2. Tujuan
Tujuan dari usaha ini adalah:
1. Dapat melakukan usaha cuci dengan baik dan memberikan manfaat yang besar.
2. Dapat memasarkan usaha cuci ini dengan baik.
3. Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya.
B. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
1. Pemasaran
Pangsa pasar ini sangatlah jelas yakni para pengguna mobil dan motor , tapi untuk promosi bulan pertama akan memberikan potongan harga dan kupon cuci gratis dan menargetkan sekitar 50 motor dan 30 mobil dalam minggu pertama dan lebih dari 70 motor dan 50 mobil pada minggu-minggu berikutnya.
2. Produk
Sebagai ilustrasi, harga cuci mobil Rp 20.000,-.dan cuci motor Rp 5.000 Kita bisa menambahkan semir ban sebagai nilai tambah tanpa biaya tambahan.
3. Strategi Pemasaran
Melakukan pemasaran secara langsung dengan pamflet, maupun hanya dari mulut ke mulut.
4. Prospek Pasar Dan Pemasarannya
Seluruh komplek di perumahan dan orang lewat
5. Keunggulan
Yang menjadikan cuci mobil dan motor ini menjadi spesial ialah semua motor apapun dicuci dengan bersih menggunakan salju dan pencuci dengan telaten membersihkan semua kotoran yang ada dalam mobil dan motor anda, dengan hasil cucian menjadi mengkilat walaupun dengan waktu yang sedikit lama. Cuci motor mobil ini ini beda dengan tempat pencucian lainnya, karena ada :
- Mini market atau mini kafe.
- Fasilitas kupon bonus untuk konsumen yang sering menggunakan
- Memberikan Cuci Gratis bagi pelanggan bila sudah 10 kali mencuci di sini
C. ASPEK SDM
Untuk pegawai, tidaklah terlau sulit mencarinya karena tidak diperlukan keahlian khusus. Tetapi meskipun demikian, harus kita memilih karyawan yang mau bekerja keras dan tidak malas. Sebagai imbalan, bisa kita memberikan gaji, atau upah per mobil dan yang selesai dicuci.
D. ASPEK PERALATAN DAN PERLENGKAPAN
1. Letak Lokasi
Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, didepan komplek
perumahan, berada dipinggir jalan utama.
2. Standar Kebutuhan Ruang
Luas ruang: (lebar) 40m x (panjang) 70m
3. Asumsi kebutuhan ruang:
- Tempat pencucian
- Tempat pengeringan
- Ruang tunggu
Peralatan-peralatan salon motor yang harus disediakan adalah sebagai berikut :
1. Satu kompresor
2. Satu mesin air untuk steam
3. Satu mesin steam system snow wash (busa salju)
4. Vacuum cleaner
5. Bak penampungan air
6. Seragam karyawan
7. Media promosi
8. Instalasi ruangan
9. Peralatan mencuci :
- Sikat
- Kanebo
- Kuas kecil & besar
- Kain bol
- sabun Busa
- Salju
- Peralatan pembersih yang lain
Contoh Proposal Usaha Makanan
Untuk melihat secara lengkap contoh proposal tersebut, maka secara lengkap Anda bisa melihatnya seperti yang akan dipublikasikan kepada Anda dibawah ini:
I. Latar Belakang
II. Tujuan
- Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)
- Menentukan objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen)
- Menetapkan target / sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.
IV. Keunggulan Produk
Keunggulan dari produk ini yaitu:
Memiliki berbagai macam-macam bentuk
Memiliki berbagai macam-macam rasa
Bahan produk yang higienis
V. Analisa Swot
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1. Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
Bahan produk yang terjamin dan higienis
2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah:
Tidak tahan lama
Produknya mudah ditiru
3. Opportunity (Peluang)
Tempat Strategis
Fasilitas yang cukup memadai
4. Threath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
VI. Analisa 4P
1. Product (Produk)
Produk yang dijual adalah "Martabak Manis" yang merupakan makanan selingan sehari-hari
2. Price (Harga)
Harga perporsi Rp 12.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah
3. Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
5. Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu di Jalan Jamin Ginting, Tepatnya didepan Kampus STIMIK NEUMAN, karena letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen)
VII. Aspek Keuangan
1. Apsek Modal
- Bahan Baku
1. Terigu 2 kg Rp 14.000
2. Telur 1 kg Rp 12.000
3. Gula Pasir 1 Kg Rp 10.000
4. Air Rp -
5. Garam Rp 2.000
6. Soda kue Rp 3.000
7. Blue Band Rp 5.000
8. Pewarna kuning Rp 3.000
9. Fermipan Rp 3.000
----------
53.000
- Bahan Taburan
1. Kacang tanah 1/2 kg Rp 5.000
2. Meises Rp 5.000
3. Keju Rp 11.000
4. Susu kental manis Rp 7.000
5. Wijen Rp 5.000
-----------
33.000
- Modal
Bahan baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan + Ongkos angkut Rp 53.000 + Rp 33.000 + Rp 25.000 + Rp 500 = Rp 111.500
2. Perhitungan Keuntungan
Harga Jual: Rp 12.000 x 40 porsi = Rp 480.000
Harga Pokok Produk perunit:
Harga beli bahan baku RP 2.150
Harga beli bahan tambahan RP 625
Ongkos angkut Rp 500
---------
Rp 3.275
Jumlah Hpp: Rp 3.275 x 40 porsi = Rp 131.000
Laba kotor = Rp 349.000
Biaya penjualan:
Biaya pembuatan brosur Rp 30.000
Biaya transportasi RP 30.000
Biaya sewa tempat Rp 25.000
Biaya listrik dan air Rp 10.000
Biaya komunikasi Rp 20.000
Biaya lainnya Rp 10.000
---------
Rp 125.000
Laba bersih Rp 224.000
Perhitungan margin keuntungan
Rp 224.000
---------- x 100% = 46,66%
Rp 480.000
VII. Penutup
Download Gratis Kumpulan Contoh PROPOSAL Usaha BISNIS Lengkap Komplit Detail
Contoh proposal usaha bisnis standar umum
http://besteasyseo.blogspot.com/
Proposal usaha warung sandwich
Contoh proposal bisnis kuliner ayam kremes
Proposal wirausaha ban vulkanisir
Contoh proposal buka warnet atau warung internet (teknologi informasi)
Proposal usaha prospektif pulsa elektrik elektronik
http://besteasyseo.blogspot.com/
Proposal bisnis usaha makanan catering katering
Contoh proposal kewirausahaan rental sewa komputer
Alternatif download contoh proposal usaha lengkap komplit dari http://www.usaha-kecil.com/usaha_kecil/contoh_proposal_usaha.pdf.
http://besteasyseo.blogspot.com/2009/08/contoh-proposal-usaha-bisnis-lengkap.html
Silahkan download berbagai contoh proposal usaha dibawah ini :
proposal usaha
proposal usaha komputer
proposal usaha warnet
proposal usaha kecil
proposal usaha
proposal usaha
proposal usaha komputer
proposal usaha warnet
proposal usaha kecil
proposal usaha
Atau silahkan simak contoh langsung proposal usaha berikut :
Contoh Proposal Usaha Cuci Mobil dan Motor ” Mengkilat “
1. Latar Belakang
Sekarang setiap tahun peningkatan kendaraan semakin naik tetapi jalan tetap sehingga banyak membuat kemacetan sepanjang jalan. Kota kota besar di indonesia semakin ruwet dengan kondisi kendaraan roda dua dan roda empat. Tidak seperti di luar negeri ada pembatasan kendaraan sehingga jumlah kendaraan bisa di tekan. Banyak orang bilang Indonesia mengalami masalah ekonomi tetapi setiap orang sekarang bisa membeli kendaraan roda dua. Bisa di lihat di setiap rumah di desa maupun di kota, pasti memiliki minimal kendaraan roda dua. Dengan kenaikan harga minya dunia pun tidak berpengaruh orang untuk membeli kendaraan bermotor. Sistem kredit itu membuat orang jadi mungkin mendapatkannya. Dahulu kemana mana menggunakan angkutan kota atau angkutan desa, sekarang setiap orang memiliki motor. Jadi kendaraan bermotor sekarang bukan kebutuhan pokok bukan kebutuhan sekunder lagi.
Dengan adanya kondisi diatas itu membuat peluang bisnis yang berkaitan dengan kendaraan bermotor terbuka lebar dan menjanjikan.
Untuk memanfaatkan peluang ini, kita mencoba untuk mendirikan sebuah usaha cuci Mobil dan motor dengan nama ” Mengkilat “
2. Tujuan
Tujuan dari usaha ini adalah:
1. Dapat melakukan usaha cuci dengan baik dan memberikan manfaat yang besar.
2. Dapat memasarkan usaha cuci ini dengan baik.
3. Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya.
B. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
1. Pemasaran
Pangsa pasar ini sangatlah jelas yakni para pengguna mobil dan motor , tapi untuk promosi bulan pertama akan memberikan potongan harga dan kupon cuci gratis dan menargetkan sekitar 50 motor dan 30 mobil dalam minggu pertama dan lebih dari 70 motor dan 50 mobil pada minggu-minggu berikutnya.
2. Produk
Sebagai ilustrasi, harga cuci mobil Rp 20.000,-.dan cuci motor Rp 5.000 Kita bisa menambahkan semir ban sebagai nilai tambah tanpa biaya tambahan.
3. Strategi Pemasaran
Melakukan pemasaran secara langsung dengan pamflet, maupun hanya dari mulut ke mulut.
4. Prospek Pasar Dan Pemasarannya
Seluruh komplek di perumahan dan orang lewat
5. Keunggulan
Yang menjadikan cuci mobil dan motor ini menjadi spesial ialah semua motor apapun dicuci dengan bersih menggunakan salju dan pencuci dengan telaten membersihkan semua kotoran yang ada dalam mobil dan motor anda, dengan hasil cucian menjadi mengkilat walaupun dengan waktu yang sedikit lama. Cuci motor mobil ini ini beda dengan tempat pencucian lainnya, karena ada :
- Mini market atau mini kafe.
- Fasilitas kupon bonus untuk konsumen yang sering menggunakan
- Memberikan Cuci Gratis bagi pelanggan bila sudah 10 kali mencuci di sini
C. ASPEK SDM
Untuk pegawai, tidaklah terlau sulit mencarinya karena tidak diperlukan keahlian khusus. Tetapi meskipun demikian, harus kita memilih karyawan yang mau bekerja keras dan tidak malas. Sebagai imbalan, bisa kita memberikan gaji, atau upah per mobil dan yang selesai dicuci.
D. ASPEK PERALATAN DAN PERLENGKAPAN
1. Letak Lokasi
Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, didepan komplek
perumahan, berada dipinggir jalan utama.
2. Standar Kebutuhan Ruang
Luas ruang: (lebar) 40m x (panjang) 70m
3. Asumsi kebutuhan ruang:
- Tempat pencucian
- Tempat pengeringan
- Ruang tunggu
Peralatan-peralatan salon motor yang harus disediakan adalah sebagai berikut :
1. Satu kompresor
2. Satu mesin air untuk steam
3. Satu mesin steam system snow wash (busa salju)
4. Vacuum cleaner
5. Bak penampungan air
6. Seragam karyawan
7. Media promosi
8. Instalasi ruangan
9. Peralatan mencuci :
- Sikat
- Kanebo
- Kuas kecil & besar
- Kain bol
- sabun Busa
- Salju
- Peralatan pembersih yang lain
Contoh Proposal Usaha Makanan
Contoh proposal usaha makanan yang dipublikasikan disini juga sebenarnya bisa dikembangkan menjadi bentuk-bentuk proposal lain, seperti misalnya contoh proposal usaha makanan ringan, contoh proposal usaha makanan sehat, contoh proposal usaha makanan kecil, dan lain sebagainya.
Untuk melihat secara lengkap contoh proposal tersebut, maka secara lengkap Anda bisa melihatnya seperti yang akan dipublikasikan kepada Anda dibawah ini:
Proposal Kegiatan Usaha Makanan Martabak Manis
I. Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.
Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah "Martabak Manis".
Dengan pembuatan Martabak Manis yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan Martabak Manis sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, dan juga lezat memang telah dikenal dari masa kemasa, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu usaha kuliner alternatif di Indonesia.
Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan "Martabak Manis" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.
II. Tujuan
- Tujuan saya memilih jenis usaha ini yaitu:
- Mencari keuntungan/laba
- Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan yang sudah cukup terkenal
- Mencapai target penjualan
- Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)
- Menentukan objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen)
- Menetapkan target / sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.
IV. Keunggulan Produk
Keunggulan dari produk ini yaitu:
Memiliki berbagai macam-macam bentuk
Memiliki berbagai macam-macam rasa
Bahan produk yang higienis
V. Analisa Swot
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1. Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
Bahan produk yang terjamin dan higienis
2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah:
Tidak tahan lama
Produknya mudah ditiru
3. Opportunity (Peluang)
Tempat Strategis
Fasilitas yang cukup memadai
4. Threath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
VI. Analisa 4P
1. Product (Produk)
Produk yang dijual adalah "Martabak Manis" yang merupakan makanan selingan sehari-hari
2. Price (Harga)
Harga perporsi Rp 12.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah
3. Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
5. Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu di Jalan Jamin Ginting, Tepatnya didepan Kampus STIMIK NEUMAN, karena letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen)
VII. Aspek Keuangan
1. Apsek Modal
- Bahan Baku
1. Terigu 2 kg Rp 14.000
2. Telur 1 kg Rp 12.000
3. Gula Pasir 1 Kg Rp 10.000
4. Air Rp -
5. Garam Rp 2.000
6. Soda kue Rp 3.000
7. Blue Band Rp 5.000
8. Pewarna kuning Rp 3.000
9. Fermipan Rp 3.000
----------
53.000
- Bahan Taburan
1. Kacang tanah 1/2 kg Rp 5.000
2. Meises Rp 5.000
3. Keju Rp 11.000
4. Susu kental manis Rp 7.000
5. Wijen Rp 5.000
-----------
33.000
- Modal
Bahan baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan + Ongkos angkut Rp 53.000 + Rp 33.000 + Rp 25.000 + Rp 500 = Rp 111.500
2. Perhitungan Keuntungan
Harga Jual: Rp 12.000 x 40 porsi = Rp 480.000
Harga Pokok Produk perunit:
Harga beli bahan baku RP 2.150
Harga beli bahan tambahan RP 625
Ongkos angkut Rp 500
---------
Rp 3.275
Jumlah Hpp: Rp 3.275 x 40 porsi = Rp 131.000
Laba kotor = Rp 349.000
Biaya penjualan:
Biaya pembuatan brosur Rp 30.000
Biaya transportasi RP 30.000
Biaya sewa tempat Rp 25.000
Biaya listrik dan air Rp 10.000
Biaya komunikasi Rp 20.000
Biaya lainnya Rp 10.000
---------
Rp 125.000
Laba bersih Rp 224.000
Perhitungan margin keuntungan
Rp 224.000
---------- x 100% = 46,66%
Rp 480.000
VII. Penutup
Harapan saya untuk produk "Martabak Manis" Adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.
Download Gratis Kumpulan Contoh PROPOSAL Usaha BISNIS Lengkap Komplit Detail
Contoh proposal usaha bisnis standar umum
http://besteasyseo.blogspot.com/
Proposal usaha warung sandwich
Contoh proposal bisnis kuliner ayam kremes
Proposal wirausaha ban vulkanisir
Contoh proposal buka warnet atau warung internet (teknologi informasi)
Proposal usaha prospektif pulsa elektrik elektronik
http://besteasyseo.blogspot.com/
Proposal bisnis usaha makanan catering katering
Contoh proposal kewirausahaan rental sewa komputer
Alternatif download contoh proposal usaha lengkap komplit dari http://www.usaha-kecil.com/usaha_kecil/contoh_proposal_usaha.pdf.
http://besteasyseo.blogspot.com/2009/08/contoh-proposal-usaha-bisnis-lengkap.html
0 komentar:
Posting Komentar