Masalah Pada Motherboard Dan Solusinya

sumber : internet

Motherboard merupakan suatu komponen yang sangat vital didalam suatu computer atau CPU . Motherboard berguna sebagai komponen penghubung dari semua komponen CPU atau bisa dikatakan motherboard adalah suatu papan induk yang berada didalam CPU . Bila motherboard rusak maka computer juga akan rusak dan tidak dapat digunakan . Dari sekian masalah pada computer kali ini komputer-rifai akan membahas masalah dan solusi yang paling sering terjadi pada motherboard . Silahkan disimak secara seksama !!
 

motherboard

Gejala :
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.

Solusi :
Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.
Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi ada kalanya Mboard tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS

Nah gimana sudah paham kan masalah apa saja yang sering terjadi pada motherboard dan tentunya ada sudah paham juga dengan solusinya . Hanya itu yang komputer-rifai jelaskan tentang masalah pada motherboard dan solusinya . 

Klik disini untuk lebih lengkapnya dari pembahasan diatas
Semoga Bermanfaat ! 

Klik Disini Untuk Download Ebook penjelasan lebih lengkap dan banyak menjelaskan cara repair komputer atau laptop

Klik Disini Untuk Download Ebook penjelasan lebih lengkap dan banyak menjelaskan cara repair komputer atau laptop

0 komentar:

Posting Komentar